Tak Banyak yang Tahu! Inilah Manfaat Mengonsumsi Buah Naga Untuk Kesehatan

Buah Naga Merah kg - Majukan Perekonomian Lokal | TaniHub
source gambar : tanihub.com

Pada mulanya sebagian besar masyarakat kita belum terlalu familiar dengan buah naga. Seiring berjalannya waktu, kini buah naga sudah bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Hal itu terbukti, yang mana buah naga dapat kita jumpai dengan mudah di daerah perkotaan maupun di pedesaan. 

Karakter dari buah yang satu ini adalah tidak memiliki aroma dan rasa yang khas. Itu sebabnya, mengapa buah naga sering dijadikan minuman jus atau dijadikan topping sebagai pelengkap pada berbagai jenis kuliner manis.

Kendati demikian, buah naga kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh lho. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat buah naga, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini.

1. Dapat Membuat Kulit Menjadi Kencang dan Elastis

Siapa sih diantara kita yang tidak ingin memiliki kulit kencang dan elastis? Tentu saja kita semua sangat menginginkan hal itu. Ya jelas demikian, sebab kondisi kulit yang kencang dan elastis memiliki peranan penting dalam urusan penampilan seseorang.

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa buah naga kaya akan kandungan vitamin C dan berbagai senyawa bioaktif. Terlebih untuk kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan, sehingga sangat membantu dalam menjaga tingkat elastisitas kulit.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kandungan antioksidan tersebut sudah terbukti cukup efektif dalam mengurangi penuaan dini lho.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Selain membuat kulit menjadi kencang dan elastis, ternyata kandungan antioksidan pada buah naga ini dapat membantu dalam mengurangi risiko penyakit kanker. Adapun mengenai beberapa jenis penyakit kanker yang dapat dicega oleh buah naga, seperti kanker paru, kanker payudara, hingga kanker prostat.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa jantung merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran fital. Penyakit jantung bisa muncul akibat meningkatnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Buah naga memiliki kandungan likopen dan betalain yang diyakini dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Bukan hanya itu, biji pada buah naga juga kaya akan kandungan lemak omega 3 dan omega 9 yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

4. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Dilansir dari salah satu situs kesehatan terkemuka, yang menyebutkan bahwa kandungan serat pada buah naga memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Kinerja tersebut dilakukan dengan cara menekan lonjakan gula yang terjadi ketika seseorang selesai mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi.

Itu sebabnya, mengapa para penderita diabetes selalu mengonsusi buah naga secara rutin dan teratur.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi, bahwa buah naga kaya akan kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Nah, kandungan antioksidan tersebutlah yang menjadi aktor utama untuk menangkal serangan radikal bebas dalam tubuh.

Pasalnya, serangan radikal bebas bisa merusak sel-sel dalam tubuh sehingga dapat memicu datangnya berbagai penyakit kronis, seperti kanker, jantung, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, tentu saja kita akan terhindar dari berbagai penyakit kronis tersebut.

Bukan hanya itu, mengonsumsi buah naga juga diyakini dapat meredakan masalah batuk dan flu. Sekali lagi, manfaat tersebut berkat kandungan vitamin C yang terdapat pada buah naga.