Cari Ide Usaha? Ini 3 Kisah Sukses Usaha Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

https://lh5.googleusercontent.com/8ajPJ0--2MUSWEYL3S5ucAjYHEYRTD-XwszfJYs_W_U6ojgnJOFXXyMKQCnwohsgxAbSHG5gAIQ-vPEAlLvIsiybyKwCXs0DgiIJiybZRbo5BvDIU1j1iwghdZzT-2Uk_ry4XUOO

Kadang-kadang, ide usaha yang paling brilian dan bisa mengantarkan kita menuju kesuksesan justru berasal dari hal-hal kecil atau aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari. Asalkan konsisten dan disiplin, hasilnya juga akan sepadan. Seperti usaha rumahan yang sukses dirintis ibu rumah tangga. Kebanyakan berawal dari hobi, rasa bosan dan ingin mengisi waktu luang, hingga ingin memberi yang terbaik bagi keluarga. Lama-lama berbuah manis dan berkembang jadi usaha yang menjanjikan!

Inilah yang terjadi pada lima usaha ibu rumah tangga yang sukses dan banyak peminatnya berikut ini. Bukan hanya tekun, telaten, dan mengusahakan yang terbaik, para ibu rumah tangga ini bahkan memulai usahanya dengan modal kecil hingga jadi sebesar sekarang. Bagaimana cerita mereka? Yuk simak, siapa tau bisa menginspirasi kamu untuk ide usaha.

Sarung Bantal & Perabot Rumah Chic and Darling

Chic and Darling adalah sebuah situs belanja online yang khusus menjual perlengkapan rumah yang premium dan handmade mulai dari selimut, lilin aromaterapi, hampers, apron, karpet, sarung bantal, dan masih banyak lagi. Adalah Kania Annisa Anggiani, sosok perempuan sekaligus ibu rumah tangga yang berada di balik kesuksesan Chic and Darling. Kania awalnya merupakan seorang wanita karir. Ia bekerja sebagai seorang produser. Ketika memutuskan menikah, Kania memilih untuk mendedikasikan semua waktunya untuk keluarga dan menjadi ibu rumah tangga. 

Di tengah usahanya mengurus dan mengatur rumah tangga, Kania pun juga merasakan stres karena perbedaan atmosfer ketika ia berkarir sebagai produser. Namun, Kania tidak membiarkan kondisi tersebut berlarut-larut. Dari stres yang dialami dan keresahannya, muncul ide untuk bisa menghasilkan uang dari rumah tanpa harus bekerja di kantor. Akhirnya, di tahun 2013, lahirlah Chic and Darling yang dirintis Kania dengan modal berasal dari tabungan pribadi yang bahkan nggak sampai Rp 1 juta 

Awalnya, Chic and Darling memproduksi sarung bantal. Lama kelamaan, bisnis ini berkembang pesan hingga dalam 3 bulan total sarung bantal yang diproduksi bisa menjadi 100 buah dari yang awalnya hanya 20. Dalam satu bulan, Kania bisa menjual hingga 700 sarung bantal. Tidak butuh waktu lama bagi Kania untuk mendapatkan modalnya kembali, hanya dalam kurun 2 – 3 bulan. Dalam situs resmi Chic and Darling yang desainnya simple & elegan, terlihat idealisme Kania dalam menjalankan bisnisnya yang satu ini. Harga kisaran produk di Chic and Darling sendiri cukup bervariasi, namun rata-rata lebih dari Rp100.000. 

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Jika kamu warga Jakarta, pastinya kamu sudah tidak asing dengan popularitas pisang goreng madu Bu Nanik. Pisang goreng hitam yang manis, gurih, dan renyah yang dibanderol dengan harga Rp6.000-an per potong ini memang melegenda karena kenikmatannya. Naniek Soelistiowati atau yang akrab disapa Bu Nanik adalah sosok ibu rumah tangga tangguh di balik penganan manis ini. Dikutip dari wawancara yang dilakukan oleh Kumparan, Bu Nanik memulai bisnis pisang goreng ini awalnya karena ketidaksengajaan. 

Dalam bisnis katering untuk makanan karyawan hotel yang lebih dulu ditekuninya, Bu Nanik selalu menghadirkan menu yang variatif sebagai unique selling point baik berupa makanan utama, snack, sampai buah. Nah, pisang adalah buah yang kerap disajikan Bu Nanik sebagai menu variatif. Sayangnya, dalam satu sisir pisang nggak semua kondisinya mulus, pasti ada yang boyok dan hitam. Otomatis, pisang yang bonyok dan hitam ini nggak ada yang mau ambil ketika katering disajikan. Karena sayang jika dibuang, Bu Nanik berinisiatif menggoreng pisang-pisang sisa tersebut dengan tepung sebagai cemilan. 

Alih-alih menggunakan gula, Bu Nanik memilih madu untuk resep pisang gorengnya. Sebab, ibunya adalah pecinta pisang goreng namun menderita diabetes sehingga gula darahnya bisa jadi naik kalau mengkonsumsi cemilan manis satu ini. Dari sanalah, lama-kelamaan pisang goreng madu Bu Nanik banyak disukai dan ramai diburu orang hingga saat ini. Bu Nanik berpesan, jika ingin memulai bisnis dengan modal kecil, nggak perlu terlalu muluk dulu namun tetap konsisten. Kita bisa memulai dari hal yang terlihat “sepele” seperti makanan. Pasalnya, Bu Nanik pun memulai bisnis pisang goreng ini hanya bermodalkan sisa pisang yang tidak dimakan di katering. 

Rendang Nenek 

Bukan hanya di rumah makan padang, rendang kini juga bisa dibeli dalam bentuk kemasan yang tentunya jadi lebih awet dan tahan lama. Bisnis rendang kemasan sendiri saat ini sudah cukup ramai digeluti banyak orang. Tak terkecuali yang paling “sepuh” salah satunya adalah pasangan suami istri Intan Rahmatillah dan Ivan Diryana. Bermula dari Intan yang senang mengkonsumsi rendang daging sapi buatan neneknya yang menggunakan resep asli Padang, Intan dan suaminya kemudian berinisiatif membuat bisnis rendang kemasan yang diberi nama “Rendang Nenek”. 

Dikutip dari detikfinance, karena tidak ada modal cukup untuk membuka usaha rumah makan Padang, pasangan suami istri ini memilih untuk membuat rendang dan memasarkannya secara online sejak tahun 2011. Dengan modal awal di bawah Rp 1 juta dan tanpa memiliki mesin khusus, Intan dan Ivan membuat rendang seadanya menggunakan keler sehingga rendangnya kurang bisa bertahan lama. 

Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangat pasutri ini. Lama-kelamaan dengan menabung hasil keuntungan jualan, mereka bertahap bisa membeli mesin dan berbagai peralatan produksi rendang yang dibutuhkan. Kini, total ada 7 varian rendang dari Rendang Nenek, yaitu: daging, paru, hati, limpa, ayam suwir, jengkol dan jamur tiram. Per tahun 2016, bahkan omset bisnis Rendang Nenek sudah mencapai kurang lebih Rp 100 juta dalam satu bulan. 

Cari Pinjaman Uang Online untuk Memulai Bisnis Rumahan Sederhana?

Gimana, sudah dapat ide untuk memulai bisnismu sendiri?

Kalau uang tabungan nggak cukup untuk modal, kamu bisa mendapatkan tambahannya dengan mengajukan pinjaman uang online berbunga rendah seperti yang ditawarkan Kredivo. Kamu dapat mengajukan pinjaman uang online mulai dari 500 ribu untuk tipe pinjaman mini dan mulai dari Rp 1 juta ke atas untuk tipe pinjaman jumbo di aplikasi Kredivo. Namun sebelum itu, kamu wajib mendaftarkan diri sebagai pengguna Premium Kredivo lebih dulu. 

Caranya gampang banget: cukup download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store dan daftar sesuai instruksi yang diberikan. Jangan khawatir, Kredivo adalah fintech legal yang sudah terdaftar di OJK sejak awal tahun 2018. Pinjaman uang online yang diajukan di Kredivo juga bisa cair dalam waktu 1 hari, lho. Selain itu, pilihan tenornya juga beragam: mulai dari 1 bulan, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan, dengan suku bunga flat hanya 2,95% per bulan. 

Tertarik untuk coba?