Tips Perawatan dan Servis Mobil BMW

Product Image

BMW membuat beberapa mobil terbaik di jalan, dan dengan jadwal perawatan dan servis yang tepat, BMW akan terus beroperasi pada tingkat kinerja tinggi selama bertahun-tahun. Namun, bahkan dengan mesin yang disetel halus, mengemudi menyebabkan keausan yang harus dipantau secara ketat dan ditangani oleh bengkel BMW yang berkualitas ketika saatnya tiba.

BMW ANDA AKAN MENGATAKAN ANDA SAAT MEMBUTUHKAN SERVIS

Kabar baiknya adalah bahwa model mobil BMW terbaru memiliki teknologi untuk memberi tahu Anda kapan saatnya masuk untuk servis dan pemeliharaan. Salah satu versi dari ini adalah Services Interval Indicator (SII). SII melacak tanggal servis Anda dan menghitung jarak tempuh untuk memberi tahu Anda kapan mobil kemungkinan akan tiba untuk servis atau pemeliharaan berikutnya. Indikator secara literal akan memberi tahu Anda berapa mil yang tersisa untuk Anda kendarai sebelum membawa mobil untuk servis berikutnya.

Condition Based Servicing system, atau CBS, membuat pemantauan mandiri BMW selangkah lebih maju. CBS pada dasarnya membuat BMW mobil yang pintar, mampu mempelajari cara Anda mengemudi, dan kondisi lingkungan apa yang biasanya Anda hadapi. CBS bekerja dengan komputer onboard BMW untuk melacak komponen individual mobil, termasuk filter udara oli dan kabin, baik bantalan rem depan dan belakang, serta busi. CBS akan memberi tahu Anda melalui lampu dashboard dan tampilan iDrive saat bagian-bagian ini aus atau rusak, dan akan memberi tahu Anda kapan saatnya untuk mengganti mereka. Bahkan memberi Anda banyak waktu untuk menjadwalkan servis Anda, memberi tahu Anda dengan pemberitahuan empat minggu.

Sistem ini juga memonitor minyak rem, tekanan ban, dan oli mesin, yang mencakup sebagian besar dasar-dasar di mobil Anda sehingga Anda tidak perlu melakukannya. Sistem seperti itu tidak hanya memberi tahu Anda kapan saatnya mencari servis dan perawatan, tetapi mencegah Anda untuk tidak perlu memperbaiki mobil Anda. Dalam beberapa hal, satu-satunya hal yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki dan merawat BMW Anda dengan benar adalah mendengarkan mobil Anda ketika mobil itu memberi tahu Anda bahwa ia membutuhkan sesuatu. Ketika tampilan dasbor itu menyala, penting untuk menjadwalkan dengan bengkel BMW kepercayaan Anda dalam jangka waktu yang disarankan.

Selain dari itu, ada beberapa tips untuk membantu Anda mempertahankan kinerja dan memperpanjang umur BMW Anda di luar sistem data onboard mobil.

  • PERIKSA STATUS BAN BMW ANDA BULANAN
    Pertama, periksa status ban Anda setiap bulan. Meskipun komputer mobil akan memonitor tekanan udara, ia tidak akan mengenali keausan yang tidak rata yang mengindikasikan BMW Anda perlu diluruskan.
  • PERIKSA SELANG KARET  DAN GASKET MESIN BMW
    Saat melakukan pemeriksaan ban, dapatkan juga di bawah kap untuk memeriksa selang karet dan gasket mesin Anda. Periksa apakah ada keretakan atau segel yang rusak yang menyebabkan berkurangnya kinerja dan potensi kerusakan.
  • GANTI OLI MESIN BMW ANDA SETIAP 12.000 KM
    BMW akan menginstruksikan Anda untuk mengganti oli Anda dengan jarak 24.000 KM. Namun, disarankan untuk mendapatkan ganti oli pada 12.000 KM. Jika Anda mengganti oli lebih sering, Anda dapat menambah umur dari banyak bagian penting mesin.

PERIKSA BUSI DAN FILTER UDARA ANDA
Juga, BMW yang lebih baru tidak memberi tahu pemiliknya kapan harus memeriksa busi dan filter udara. Busi diubah pada interval tertentu pada setiap mesin tertentu dan filter udara harus diperiksa secara visual pada setiap penggantian oli. BMW tidak akan memberi tahu Anda tentang hal ini, jadi pastikan untuk membawa BMW Anda secara berkala untuk memeriksa busi dan filter udara.