Berbuka puasa dengan yang mengkonsumsi makanan atau minukan yang manis sebenarnya cukup diperlukan oleh tubuh kita karena makanan dan minuman manis ini bisa membantu kamu untuk mengganti energi yang hilang selama kamu berpuasa seharian. Tapi hal yang perlu kamu ketahui bahwa kebanyakan menu takjil ini memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, dengan kandungan gula yang sangat tinggi hal ini bisa meningkatkan kadar gula darah kamu dengan cepat, hal tersebut mungkin bisa sangat berbahaya bagi kamu yang memiliki penyakit diabetes. Untung menghindari masalah tersebut sebaiknya kamu bisa mengkonsumsi menu takjil yang sehat diantaranya dengan mengkonsumsi:

  • Buah Kurma 3 Butir

Untuk pilihan takjil yang sehat buah kurma ini bisa menjadi pilihan tepat, karena buah kurma banyak mengandung energi dan juga serat yang bisa baik untuk tubuh. Tapi kamu juga perlu hati-hati ya saat makan kurma untuk berbuka puasa sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsinya karena buahkurma ini memiliki kandungan gula yang juga cukup tinggi.

  • Sop Buah atau Es Buah

Sop buah atau es buah ini merupakan menu takjil yang mengandung buah-buahan yang baik untuk di konsumsi saat berbuka puasa, karena buah ini mengandung cukup gula untuk bisa mengganti energi dari tubuh kamu yang hilang seharian setelah berpuasa. Buah –buahan juga mengandung serat yang baik untuk membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Dalam membuat sop buah atau es buah ini kamu perlu hati-hati dalam menambahkan gula atau susu kental manis, sebaiknya usahakan kamu Jangan terlalu berlebihan untuk memasukan gula dan susu kental manis ini ya.

  • Bubur Kacang Hijau

Menu sehat untuk berbuka selanjutnya adalah bubur kacang hijau, bubur kacang hijau ini bisa dibilang sebagai menu takjil yang sehat karena mengandung berbagai jenis mineral yang penting untuk tubuh. Jika kita mengkonsumsi kacang hijau, kacang hijau tersebut bisa berperan dalam menghambat proses oksidasi kolesterol jahat pada tubuh.

  • Puding Buah

Kebanyakan orang indonesia ini lebih menyukai camilan gorengan saat berbuka jika di bandingkan dengan makanan sehat. Padahal gorengan tidak baik jika dikonsumsi tubuh apalagi jika kamu komsumsi setiap hari. Jika mengkonsumsi gorengan setiap hari bisa  memicu munculnya penyakit serius seperti diabetes atau hipertensi. Untuk menghindari penyakit tersebut sebaiknya kamu mulai coba ganti asupan gorengan dengan puding buah saat buka puasa nanti.

  • Salad Buah

Makanan yang sehat pasti tidak akan jauh dari makanan alami, seperti salad buah ini. Salad buah ini juga bisa loh jadi pilihan kamu untuk bisa menikmati takjil saat bukapuasa namun tetap sehat, untuk rasa jangan di ragukanlagi karena  segarnya tidak kalah jika di bandingkan dengan minuman manis lainnya.

  • Es Kelapa Muda

Takjil sehat yang terakhir adalah Es kelapa muda, es kelapa muda ini cocok untuk di jadikan menu buka puasa karena bisa mengembalikan ion tubuh yang hilang. Buah kepala ini sangat mudah di temukan karena buah kepala ini bisa tumbuh di berbagai musim. Untuk membuat es kelapa kamu bisa menyiapkan satu kelapa utuh lalu keluarkan air dan daging kelapa ke dalam gelas atau mangkuk, setelah itu kamu bisa menambahkan susu kental manis untuk membuat rasa es kelapa ini menjadi lebih segar. Tapi ingat ya sebainya kamu jangan menuangkannya terlalu banyak.

Tagged With:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *